Pengenalan Registry Editor

Posted on Juli 20, 2010

0


Registry Merupakan ruang kontrol utama dari sistem operasi Windows.Ketika kita masuk,maka segala pengaturan terhadap Windows akan dapat kita lakukan dengan sangat leluasa.Namun hati2,perubahan yang anda lakukan dapat mengaacaukan system pada komputer,Akibatnya komputer anda akan menjadi crash karena anda merubahnya secara sembarangan.

Pengenalan Registry Editor

Seperti yg saya jelaskan di atas,registry dapat dianalogikan dengan ruang kontrol utama dari system operasi Microsoft Windows.Hal ini dikarenakan registry merupakan database pusat pengaturan atau konfigurasi Windows serta informasi dari segala yang ada di komputer anda,mulai dari hardware yang terpasng.port2 yang digunakan,software2 yang terinstal,hingga informasi seputar penguna juga terekam secara rapih dalam database tersebut.

Untuk membuka registry Editor adalah sebagai berikut :

  1. Buka StartRun
  2. Ketikan regedit pada texbox Open
  3. klik Ok.Selanjutnya akan muncul jendela Registry Editor

Namanya Virus Sudah pasti merusak kinerja sistem atau file2 tertentu yg merupakan sasaran utama mereka.Nah yang paling di incar oleh serangan VIRUS adalah Regedit (REGISTRY EDITOR) Mereka pasti akan Mengacak Value yand ada di Regedit,Didalam Registry ada 5 macam Hive,seperti gambar dibawah yaitu:

Penjelasan dari masing hive adalah :

  1. HKEY_CLASSES_ROOT  : merupakan Subkey dari HKEY_LOCAL_MACHINE\Software. Biasa di gunakan untuk mengatur file asosiasi ketika kita membuka suatu file melalui Windows Explore.
  2. HKEY_CURRENT_USER : digunakan untuk menyimpan informasi konfigurasi dari user yang sedang aktif(logged on) saat ini.Pada key ini dapat dilakukan pengaturan2 yang diantaranya adalah seputar Folder,control panel,Windows Explorer dan tampilan layar yang digunakan oleh user tersebut.Merupakan subkey dari HKEY_USER
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE : Berisi informasi2 seputar harware,software dan lain sebagainya yang terpasang dan berhubungan dengan Windows Anda.Key ini berlaku untuk semua user
  4. HKEY_USER :Merupakan induk dari HKEY_CURRENT_USER Fungsinya adalah menyimpan informasi2 semua user yang ada di komputer user.
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG : Memuat informasi seputar profil hardware yang digunakan pada suatu komputer.

Value Entry

Value Entry terdiri dari 3 bagian yaitu nama,data type dan Value atau nilai itu sendiri,Value yang paling sering digunakan untuk kegiatan manipulasi diantaranya adalah DWORD Value, STRING Value, Dan BINARY Value.Berikut merupakan penjelasanya:

  • DWORD Value atau REG_DWORD :merupakan data dengan nilai 4 bytes.Walaupun demikian,nilai yang sering dipakai dalam DWORD value ini adalah nilai boolean,yaitu 1(setuju/benar) dan 0 (tidak setuju/salah).
  • String value atau REG_SZ : merupakan jenis karakter biasa atau string standar yang umum digunakan oleh manusia.
  • Binary value atau REG_BINARY : merupakan data atau nilai mentah seperti nilai yang dapat dipahami oleh komputer,yaitu biner.informasi2 seputar hardware diletakan sebagai data biner,namun anda dapat melihatnya melalui Registry Editor dalam format Hexadesimal.

Mengedit Nilai DWORD dan String

Kunci dari manipulasi yang dapat dilakukan pada windows melalui registry editor ditentukan oleh nilai yang ada pada type DWORD,string atau yang lainya.Dengan memberikan nilai tertentu pada type data tersebut maka kita akan bisa memeutuskan untuk menjalankan suatu proses atau malah mencegahnya atau kita juga dapat menentukan apa yang akan kita kerjakan ketika suatu proses sedang berjalan.

Untuk mengedit nilai string,caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka jendela Registry Editor.
  2. Tentukan Key atau folder dimana DWORD yang akan anda edit berada
  3. Double Clik DWORD tersebut.
  4. Pada kotak dialog Edit Dword,isikan nilai yang anda kehendaki.
  5. Klik OK untuk menyetujuinya

Sedangkan untuk mengedit nilai string caranya sama dengan mengedit nilai DWORD.Hanya saja nilai yang dimasukan bukan lagi berupa angka,melainkan string

Sampai disini pengenalan tentang Registry Editor,lain waktu akan saya lanjutkan pada postingan selanjutnya.

Posted in: Komputer