TUTORIAL PEMASANGAN HARDDISK (HDD) PADA PS 2

Posted on Juli 18, 2010

9


Tutorial ini hanya berguna untuk PS2 versi lama  (berbody gambot/ gede) yg mempunyai “Bay Slot” yaitu tempat HDD di belakang PS2. Untuk menggunakan HDD pada PS2 diperlukan “Network Adapter (NA)”. Ada dua jenis NA. Satu yang mempunyai modem dan Ethernet Port (RJ45) dan satu lagi hanya mempunyai Ethernet Port saja. Lihat gambar di bawah

Dari kedua jenis NA ini bisa digunakan. Jenis HDD yang bisa digunakan sama dengan HDD pada komputer yaitu IDE bukan jenis SATA. Kapasitas minimum HDD adalah 40GB, dan kapasitas maksimumnya tidak ditentukan. Merk yang biasa digunakan adalah Maxtor dan Seagate sedangkan Western Digital tidak bisa dipakai sebab ada masalah untuk penyambungan ke NA.

Pastikan HDD diset pada keadaan MASTER. Lihat contoh dibawah. Ini hanyalah contoh. Setiap HDD ada sticker panduan di bagian atasnya.

Pemasangan NA dan HDD dipasang dengan memastikan IDE HDD dan Power Connector HDD tepat dengan NA. Lihat gambar di bawah.

Setelah NA dan HDD dimasukkan ke dalam PS2,tentunya PS2 anda perlu di upgrade ic nya.ic yang paling sering dipakai yaitu ic modbo 3.0 dan 4.0 .Jika anda tidak ingin menganti ic nya anda bisa mengunakan Applikasi  HDLoader atau HDAdvance,yang lebih praktis lagi mengunakan Free MCboot(Baca postinga MC Boot)  karena didalamnya sudah terdapat HDloader dan aplikasi lainya seperti pemutar musik MP3,open usb,anda juga bisa menambahkan sendiri aplikasinya seperti memutar aplikasi film dan lain2,tentunya setelah anda instal free MCboot.isi dari aplikasi tergantung Versi Dari Free MCboot.Untuk menginstalnya anda bisa  gunakan Ulaunch.
Di sini DIINGATKAN, tidak semua games sesuai atau cocok. Maksudnya tak semua permainan bisa dimainkan melalui HDD.

Namun demikian, kebanyakan games yang terbaru bisa dimainkan dari HDD. Beberapa games perlu dipatchkan agar berfungsi dengan baik apabila dimainkan dari HDD. Seperti God Of War. HDLoader juga perlu dipatchkan untuk mendapatkan kompetible dengan beberapa games seperti GT4, God Of War, Gradius dan lain-lain.

Cara mengcopy Games Ke HDD.

Dengan menggunakan HDL/ HDA semua games bisa dipindahkan ke HDD, tetapi tidak dianjurkan menggunakan applikasi ini. Karena dan dapat menyebabkan :

1. Waktu yang diperlukan terlalu lama, lebih kurang 30 menit sampai 45 menit.
2. Penggunaan lensa optik yg berkepanjangan dapat membuatkan lensa optik rusak dalam jangka waktu jangka panjang.

Jadi applikasi apakah yang sesuai?

WinHIIP sebuah applikasi yang dibuat khusus untuk Windows XP, yang bisa memindahkan games ke PS2 HDD. PS HDD hendaklah disambungkan ke computer dan WinHIIP digunakan untuk memindahkan. WinHIIP bisa mengenali HDD yang diformat oleh HDL/ HDA. Lihat gambar di bawah.

Waktu yang diperlukan oleh WinHIIP untuk mengcopy games adalah lebih cepat dari pada HDL/ HDA.Tergantung Kualitas Disc dan DVD rom Anda.Cara instal game di winhip baca postingan saya yang sebelumnya.

Apa itu file ELF?
ELF adalah “Executable and Linking File”, ia adalah seperti EXE file untuk Windows. File ELF ini biasanya untuk sistem Unix atau Linux. Semua applikasi PS2 menggunakan format ELF untuk menjalankan sebuah applikasi atau program juga untuk games. Jika kita lihat isi disc games PS2, kita akan menemukan nama file SLXX_YY.ZZ. Ini juga adalah sejenis file ELF. File ELF ini bisa dijalankan melalui cd atau memori card dan juga USB drive.

Bagaimana hendak membuat fail ELF dijalankan dari CD?
Di dalam format CD PS2, satu bernama SYSTEM.CNF diperlukan bersama dengan file ELF supaya file ELF itu bisa dijalankan. Di bawah ini contoh SYSTEM.CNF (File ini bisa dibuat dengan menggunakan Notepad di Windows).Berikut ini tulisanya dan anda save dengan nama SYSTEM.CNF

BOOT2 = cdrom0:\HDLOADER.ELF;1
VER = 1.00
VMODE = PAL/NTSC

Sekarang ini kita sudah ada 2 file yang akan dikopikan ke CDR yaitu file HDLOADER.ELF(Download) dan juga file SYSTEM.CNF.

Perhatian : Kedua file ini musti/ kudu BERHURUF BESAR. Lihat gambar di bawah

Applikasi yg diperlukan untuk membuat Image file :

CDGENPS2 v3.0 (DOWNLOAD)
DummyFIle (DOWNLOAD)

Cara Membuat Fle dummy Menggunakan DummyFile. Jalankan dummyfile.exe. Pilih “Pick Location”, pilih lokasi  file tersebut kemudian letakkan angka 30 dan tekan Build. Lihat gambar di bawah.

Sekarang ini di dalam folder HDLOADER mempunyai 3 file yaitu SYSTEM.CNF, HDLOADER.ELF dan juga dummy.bin. Lihat gambar di bawah.

Sekarang jalankan CDGENPS2. Tarik fail SYSTEM.CNF dahulu dari folder HDLOADER tadi ke dalam CDGENPS2. Klik kanan mouse dan pilih Edit. Lihat gambar.Pilih Fix LBA dan masukkan nilai 12231 di dalam kotak LBA dan tekan OK. Lihat gambar di bawah.Kemudian tarik file dummy.bin dahulu, selepas itu tarik pula file HDLOADER.ELF tadi ke CDGENPS2. Sekarang ini kesemua file sudah berada di dalam CDGENPS2. Lihat gambar.Kita sudah siap untuk membuat file image yang bisa di burn ke Nero. Tekan IMG dan pilih lokasi untuk disimpankan file image ini dan juga berikan nama untuknya.

Proses membuat image akan berjalan dan satu pesan akan keluar apabila proses ini selesai. Lihat gambar.Kita akan dapati dua file image baru yaitu HDLOADER.bin dan juga HDLOADER.cue.

File image ini bisa diburn menggunakan applikasi Nero atau Alcohol 120 ke CD-R.
Ambil CD-R tersebut dan masukkan ke PS2 dan HDLOADER akan dijalankan.
SELESAI.

About these ads
Posted in: Tentang PS2